Kamis, 01 Februari 2024

BEREVOLUSI MENUJU KEABADIAN BERSAMA MARIA TAMBUN DI SINGLE "BRAHMAN"


 

5 mahasiswa IKJ mencoba mendobrak kejenuhan musik a’ la barat dengan musik dub dan reggae instrumental bernuansa psikedelia kental ala Timur Tengah dan Hindustan.

Bagi Maria Tambun, band yang sudah berjalan 1 tahun lebih ini, tahun 2024 semestinya diawali  dengan harapan-harapan tinggi. Harapan-harapan tersebut mereka gantungkan pada “Brahman”, single terbaru mereka yang terinspirasi dari konsep ketuhanan Hindu.

“Nama “Brahman” mempunyai arti yaitu penguasa tertinggi dalam konsep ketuhanan Hindu, yang berarti tumbuh, berkembang, berevolusi, bersifat tak berwujud, tak terbatas, tak berawal dan tak berakhir,” ungkap Mikha.

Maria Tambun dibentuk oleh Somat (Drum), Kanz (Lead Guitar), Jaxx (Rhythm Guitar), Lantip (Keyboard/percussion), Mikha (bass) dan Mougen (Conga) pada Oktober 2022 di kampus mereka yaitu Institut Kesenian Jakarta.

Arabian beat, Jamaican Rhythm & Indian Melody adalah fondasi utama dari pembuatan musik Maria Tambun. Semuanya berawal ketika 5 mahasiswa sebagai founder awal Maria Tambun  mencoba membuat warna berbeda di kancah musik universitas mereka.

Maria Tambun mencoba membuat sesuatu yang tidak dipengaruhi oleh dunia barat kemudian mereka mulai dengan memainkan musik reggae. Seiring berjalannya waktu mereka mulai memvariasikan musik mereka dengan sentuhan-sentuhan yang berbeda.

“Kami mulai memainkan gitar elektrik yang terinspirasi suara sitar India yang dipengaruhi gaya band Khruangbin dan The Scorpios. Kami juga memiliki pondasi drum dan bass a’ la musik Dub seperti Pupajim, Roadblock Dub Collective & Khoe Wa. Tak lupa, untuk memperkuat nuansa Timur Tengah dan India, kami memasukkan beberapa elemen perkusi seperti darbuka dan tamborin,” jelas Mikha.


Terhitung sejak 2022 mereka berdiri, baru pada 2023 Maria Tambun merilis dua single yaitu “Nasri” dan “Alien”. Ini menjadikan single “Brahman” sebagai single ke-3 mereka dan pemanasan mereka menuju EP yang rencananya akan hadir pada tahun 2024 ini.

Bagi Maria Tambun, “Brahman” yang direkam sejak Desember 2023 merupakan sandaran atas segala sesuatu dan fenomena yang akan terjadi pada tahun 2024, sehingga mereka pun tetap memproduksi dan menanganinya sendiri seperti dua single sebelumnya.

 

 

Single “Brahman” direkam secara home recording di Uptown Studio, Jakarta Timur milik Maria Tambun sendiri. Single ini dikomposisi oleh Mikha Satria dan M Kanz Daffa. Sound engineer nya pun ditangani oleh mereka sendiri yaitu Mikha Satria dan Lantip Mukti.

Single “Brahman” dirilis secara mandiri pada tanggal 27 Januari 2024 di semua platform streaming digital.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"KOSONG" AWAL YANG BARU BAGI RUANG SENJA

Sebuah awal yang baru bagi Ruang Senja memulai karier di industri musik professional dengan mengeluarkan single pertama yang berjudul “KOSON...