Jumat, 03 Mei 2024

RAYAKAN INTERNATIONAL JAZZ DAY 2024, FOODOMORE RILIS SINGLE "GONE"

Gone adalah sebuah lagu bergenre jazz yang diciptakan oleh Duo Vocalists Mikhael Sebayang dan Yulius Carvallo; 2 (dua) ponggawa FooDoMore yang banyak mempengaruhi roots music yang diciptakan pada single-single yang dibawakan oleh band ini. "Dari sekian banyak single yang sudah dan akan dirilis, GONE adalah satu-satunya single bernuansa Jazz yang tidak banyak jauh berubah pada saat proses music rearrangment". Maka tidaklah salah apabila lagu ini menjadi persembahan kecil untuk ikut merayakan International Jazz Day yang selalu diperingati pada tanggal 30 April di setiap tahun.

Bersumber dari situs resmi un.org diceritakan sejarah bermula di bulan November 2011; Konferensi Umum UNESCO mencanangkan tanggal 30 April sebagai “Hari Jazz Internasional”. Hari Internasional ini mempertemukan komunitas, sekolah, seniman, sejarawan, akademisi, dan penggemar jazz di seluruh dunia untuk merayakan dan belajar tentang seni jazz, akarnya, masa depan, dan dampaknya. Bentuk seni internasional yang penting ini dirayakan karena ingin mempromosikan perdamaian, dialog antar budaya, keragaman, dan penghormatan terhadap hak asasi manusia dan martabat manusia, memberantas diskriminasi, mempromosikan kebebasan berekspresi, mendorong kesetaraan gender, dan memperkuat peran pemuda untuk perubahan sosial.

Pada tahun 2023, Herbie Hancock, Ambassador Goodwill Unesco mengatakan "Dengan adanya konflik dan perpecahan di banyak belahan dunia, saya berharap, melalui bahasa universal jazz, perayaan kita dapat menginspirasi orang-orang dari semua negara untuk sembuh, berharap dan bekerja sama untuk memupuk perdamaian.” Retorika ini diwujudnyatakan dengan terselenggaranya Jazz Day, Konser Global All-Star (2023) yang menekankan pentingnya musik jazz sebagai sarana untuk mencapai persatuan dan perdamaian melalui dialog dan diplomasi.

FooDoMore memastikan bahwa lagu Gone sejalan dengan makna yang hendak dicapai pada selebrasi Jazz Day. "Gone adalah lagu tentang optimism" . Mikhael mengatakan bahwa "Sebuah perdamaian dapat terwujud dengan jiwa yang optimis. Menjadi optimis adalah langkah pertama untuk berdamai dengan diri sendiri dalam menciptakan perdamaian utama untuk semua".

Gone berawal dari lirik yang sangat pessimistic; berakhir dengan penguatan lirik yang sangat optimistic. Mikhael mengatakan bahwa lagu Gone memiliki keunikan tersendiri saat diciptakan. Melodi gitar yang tercipta adalah lirih lirik lagu sesungguhnya. "Gone dinyanyikan oleh melodi gitar yang dimainkan; sedang lirik justru adalah unsur pelengkap". Selamat merayakan Hari Jazz International 2024. Semoga segera tercipta perdamaian di seluruh dunia. Be optimistic!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"KOSONG" AWAL YANG BARU BAGI RUANG SENJA

Sebuah awal yang baru bagi Ruang Senja memulai karier di industri musik professional dengan mengeluarkan single pertama yang berjudul “KOSON...